Fakultas Pertanian – Pertanian Cup dan Pertanian Berkreasi merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan oleh BEM Fakultas Pertanian dan HMPS Agribisnis yang bertemakan “Guyub Rukun Sedulur Pertanian”. Acara ini bertujuan untuk mengetahui minat dan bakat Mahasiswa Fakultas Pertanian di bidang olahraga dan untuk mempererat hubungan persaudaraan di antara KM Faperta. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 20 sampai 21 April 2017, yang di ikuti oleh seluruh Mahasiswa aktif Fakultas Pertanian. Selama dua hari berlangsungnya acara tersebut meliputi beberapa perlombaan sportif antar tiap komting, dan malam puncaknya menampilkan beberapa bakat seni perwakilan dari tiap komtingnya. Perlombaan yang berlangsung antara lain lomba bola sarung, lomba tenis meja, lomba catur, lomba bola volley, lomba badminton, lomba baca puisi, lomba orasi dan lomba masak. Selain itu Pertanian Cup juga mengadakan lomba panjat pinang, sehingga tiap komting juga mendapatkan hadiah secara merata.

            Antusiasme Mahasiswa Fakultas Pertanian dalam mengikuti rangkaian acara Pertanian Cup dan Pertanian Berkreasi sangat besar. Hal tersebut dapat di buktikan dengan semangat mereka yang masih membara ketika mengikuti perlombaan di kala hujan mengguyur. Bukan hanya sebagai peserta perlombaan, Mahasiswa Fakultas Pertanian juga ikut berpartisipasi sebagai supporter yang ikut memeriahkan acara tersebut.

            Pada malam puncak Pertanian Berkreasi setiap perwakilan komting menampilkan beberapa bakat seni mereka baik itu akustik ataupun musikalisasi puisi. Bukan hanya menampilkan dari tiap komting, acara tersebut juga di selingi dengan pembacaan pemenang lomba – lomba dari Pertanian Cup sebelumnya. Acara malam di hadiri oleh semua komting Fakultas Pertanian baik dari Agribisnis maupun Agroteknologi dari angkatan tahun 2013 sampai 2016. Akhir acara Pertanian Berkreasi di tutup dengan meriah oleh penampilan Ciwo Band.