Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mulai menyelenggarakan kegiatan akademik pada tahun 1995, dengan keluarnya Surat Keputusan Mendikbud No.345/DIKTI/1995. Pendirian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan 2 (dua) Program Studi yaitu Hortikultura dan Sosial Ekonomi. Pendirian FAPERTA UMP dilandasi keinginan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, bertaqwa, berkualitas, mandiri, produktif dan profesional.

Selain itu juga didorong oleh keinginan terciptanya sistem pertanian yang tangguh, agrobisnis dan agroindustri, penemuan, pengembangan dan penerapan IPTEK, serta kelestarian lingkungan hidup berkesinambungan.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor. 163/DIKTI/KEP/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi, program studi pada Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto berubah nama menjadi Program Studi Agribisnis dan Agroteknologi. Dalam perkembangannya Faperta berhasil meningkatkan kualitasnya dengan diperolehnya Status Terakreditasi B untuk Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian yang ditandai dengan keluarnya SK Nomor 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 tanggal 29 Desember 2015.

Tidak itu saja, semakin bertambahnya jumlah mahasiswanya dari tahun ke tahun menjadi bukti bahwa Faperta semakin diminati halayak luas. Dengan semakin banyaknya peminat Faperta pun makin membenahi diri mulai dari Kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan dengan memadukan pengembangan ilmu dan pemecahan masalah serta berorientasi pada peserta (Student Centered Learning). Sehingga kegiatan pendidikan di Fakultas Pertanian disampaikan berdasarkan wawasan yang lebih utuh dan tidak sebagai sub sistem atau disiplin ilmu yang terpisah-pisah, dengan Visi menjadi Fakultas Unggul, Modern dan Islami. (BN)