Berita

6 mahasiswa Fakultas Pertanian UMP Mengikuti kegiatan Agri-Relationship ASEAN University Network


Menjadi delegasi di forum Internasional merupakan dambaan dan kebanggaan bagi hampir seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali 6 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang telah mengikuti kegiatan Agri-Relationship ASEAN University Network di Universiti Putra Malaysia (UPM). 6 Mahasiswa yang terdiri dari 3 mahasiswa Agribisnis (Hakim Hilmy, Astuti Nugraheni, Syarifah Ashmi) dan 3 mahasiswa Agroteknologi (Tangkas Cakra, Tri Muningsih, Lita Nopiya Sari) mengikuti kegiatan tersebut selama 2 pekan dimulai dari 31 Juli hingga 13 Agustus 2018.

Analysis Of Farmer Behaviour to The Risk of Corn Farming System in Karanggintung Village Sumbang District, Banyuma

Tugas akhir berupa penelitian (skripsi) bagi mahasiswa adalah sebuah kewajiban sebelum memperoleh gelar Sarjana. Akan tetapi sedikit berbeda seperti yang dilakukan 2 Mahasiswa Agribisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yaitu Atalia Putri Septiani dan Tria Widi Pangestika. Mereka tidak berhenti setelah menyelesaikan penelitian namun berusaha untuk mempublikasikannya di Forum Internasional.

Pertanian Cup dan Pertanian Berkreasi “Guyub Rukun Sedulur Pertanian”

Fakultas Pertanian – Pertanian Cup dan Pertanian Berkreasi merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan oleh BEM Fakultas Pertanian dan HMPS Agribisnis yang bertemakan “Guyub Rukun Sedulur Pertanian”. Acara ini bertujuan untuk mengetahui minat dan bakat Mahasiswa Fakultas Pertanian di bidang olahraga dan untuk mempererat hubungan persaudaraan di antara KM Faperta. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 20 sampai 21 April 2017, yang di ikuti oleh seluruh Mahasiswa aktif Fakultas Pertanian. Selama dua hari berlangsungnya acara tersebut meliputi beberapa perlombaan sportif antar tiap komting, dan malam puncaknya menampilkan beberapa bakat seni perwakilan dari tiap komtingnya. Perlombaan yang berlangsung antara lain lomba bola sarung, lomba tenis meja, lomba catur, lomba bola volley, lomba badminton, lomba baca puisi, lomba orasi dan lomba masak. Selain itu Pertanian Cup juga mengadakan lomba panjat pinang, sehingga tiap komting juga mendapatkan hadiah secara merata.

            Antusiasme Mahasiswa Fakultas Pertanian dalam mengikuti rangkaian acara Pertanian Cup dan Pertanian Berkreasi sangat besar. Hal tersebut dapat di buktikan dengan semangat mereka yang masih membara ketika mengikuti perlombaan di kala hujan mengguyur. Bukan hanya sebagai peserta perlombaan, Mahasiswa Fakultas Pertanian juga ikut berpartisipasi sebagai supporter yang ikut memeriahkan acara tersebut.

            Pada malam puncak Pertanian Berkreasi setiap perwakilan komting menampilkan beberapa bakat seni mereka baik itu akustik ataupun musikalisasi puisi. Bukan hanya menampilkan dari tiap komting, acara tersebut juga di selingi dengan pembacaan pemenang lomba – lomba dari Pertanian Cup sebelumnya. Acara malam di hadiri oleh semua komting Fakultas Pertanian baik dari Agribisnis maupun Agroteknologi dari angkatan tahun 2013 sampai 2016. Akhir acara Pertanian Berkreasi di tutup dengan meriah oleh penampilan Ciwo Band.

   

Dosen Agribisnis UMP Adakan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kelompok Remaja Putri Nasyiatul ‘Aisyiyah di Kabupaten Banyumas

Pada tanggal 3 April 2016, bertempat di Ruang Sidang Lama Fakultas Pertanian UMP telah dilaksanakan kegiatan pelatihan kewirausaaan agribisnis yang diperuntukkan bagi Kelompok Remaja Putri Nasyiatul ‘Aisyiyah di Kabupaten Banyumas. Nasyiatul ‘Aisyiyah adalah sebuah organisasi otonom Muhammadiyah. Nasyiatul ‘Aisyiyah merupakan gerakan putri Islam yang bergerak di bidang keagamaan, kemasyarakatan dan keperempuanan yang memiliki tujuan terbentuknya pribadi putri Islam yang berarti bagi agama, bangsa dan negara menuju terwujudnya masyarakat yang sebenar-benarnya.

AGRIBUSINESS UMP trough beyond with OJS and Mendeley

Bertempat di Ruang sidang lantai 2 rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 6 perwakilan dari Fakultas Pertanian, 4 dari Agribisnis dan 2 dari Agroteknologi, didelegasiakn mengikuti pelatihan OJS (Open Journal System) dan pelatihan penggunaan software Mendeley. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dari hari Kamis, 26 Januari hingga Jumat, 27 Januari.